Pagi bahagia. Pagi penuh senyum ceria dgn rasa syukur dan berkah.
Menaklukkan Diri Sendiri...
Di meja resepsionis sebuah hotel, pegawai hotel sedang sibuk mendaftar tamu 2x baru. Salah seorang tamu memberikan namanya kepada pegawai muda di belakang meja dengan nada memerintah. Pegawai itu berkata, : "Ya Bapak, kami sediakan 1 kamar 'single' untuk Anda"
"Single...?" bentak orang itu, "Saya memesan double"
Pegawai tersebut berkata dengan sopan, : "Coba saya periksa sebentar."
Dia menarik permintaan pesanan tamu dari arsip & berkata, : "Maaf Bapak, pesanan Anda menyebutkan 'single'.
Saya akan senang sekali menempatkan Anda di kamar 'double', kalau memang ada. Tetapi semua kamar 'double' sudah penuh."
Tamu yg berang itu berkata, "Saya tidak peduli apa bunyi kertas itu, saya mau kamar double"
Kemudian, dia mulai bersikap. "ANDA TAHU SIAPA SAYA,"..... . "Saya akan usahakan agar kamu dipecat. Lihat saja nanti. Saya akan buat kamu dipecat"
Di bawah serangan gencar perkataan yg menyakitkan, pegawai muda itu menyela, : "Bapak, kami menyesal sekali, tetapi kami bertindak berdasarkan instruksi Anda"
Akhirnya, sang tamu yg benar 2x marah itu berkata, : "Saya tidak akan mau tinggal di kamar yg terbagus di hotel ini sekarang ! manajemennya benar 2x buruk !" & dia pun keluar dengan langkah cepat.
Tamu berikutnya yg menghampiri meja resepsionis berpikir, pegawai itu pasti marah, setelah baru saja dimarahi habis 2x an.
Namun ternyata sebaliknya, dia menyambut dengan salam ramah : "Selamat malam, Bapak"
Ketika dia mengatur kamar untuk tamu itu, tamu itu berkata, : "Saya mengagumi cara Anda mengendalikan diri tadi. Anda benar 2x sabar"
"Ya Bapak" katanya, "Saya tidak dapat marah kepada orang seperti itu.
Anda lihat, dia sebenarnya bukan marah kepada saya. Saya cuma korban pelampiasan kemarahannya.
Orang yg malang tadi, mungkin baru saja ribut dengan istri, atau bisnisnya lesu, atau barangkali dia merasa rendah diri, dan ini adalah peluang emas untuk melampiaskan kekesalannya"
Pegawai tadi menambahkan, : "Pada dasarnya, dia mungkin orang yg sangat baik. Kebanyakan orang begitu"
Pegawai (& juga tamu) hotel tersebut bisa siapa saja, mungkin saya, mungkin pula Anda.
Saat ada orang yg menyatakan 'perang' , sebaiknya kita ingat akan 2 kalimat.
Tidak usah membalas & lupakanlah, tidak perlu mengingat 2x perkataannya.
Dengan demikian kita telah menjadi pemenang yg berhasil mengalahkan diri sendiri...
No comments:
Post a Comment